Sepeda Motor Honda Supra X memang Mempunyai sejarah yang panjang . Motor Underbone buatan PT AHM ini melegenda sebagai salah satu sepeda motor yang paling laris di Indonesia dari Produk PT AHM dan juga motor yang terkenal irit dari Eranya mempunyai nilai historis sebagai sepeda motor underbone atau sepeda motor bertipe bebek yang masih banyak menarik minat mayarakat indonesia karena namanya yang melegenda seakan menjadi merek yang disegani dan begitu diminati, berikut sejarah ringkas motor honda Supra berikut sejarah yang dirangkum secara ringkas…
Generasi awal dari bebek legendaris ini muncul pada tahun 1997, dimana pada saati itu nama yang digunakan adalah Honda Astrea Supra. Yang menggunakan mesin dengan kapasitas 97 cc dan digenapkan menjadi 100 cc. Saat itu fiturnya masih sangat sederhana, rem depan dan belakang masih menggunakan tromol. Barulah pada tahun 1999, Supra mulai menggunakan rem hidrolik (cakram) pada rem depan dan diberi nama Honda Supra X.
Honda Supra dengan kopling manual
Pada tahun 2002 Honda mencari inovasi baru. supra yang stagnan mendapat sentuhan baru. Maka lahirlah varian pendamping Supra xx dan Supra V, Supra xx mengusung
kopling manual dan double stater (electric stater dan kick stater).
sedangkan supra v mengusung kopling manual dan hanya mengandalkan kick
stater, mesin Supra xx dan Supra V sama
saja dan konstruksinya sudah seperti astra legenda. Yaitu blok silinder
tidak lagi menggunakan besi cor . sudah alumunium dengan sirip
kesamping. Jika diukur blok silindernya sudah lebih tinggi. asalnya 69
mm jadi 72,5 mm maksud dari blok silinder lebih tinggi untuk mengimbangi
pemakaian stang pistin yang lebih panjang sehingga setang piston tidak
menonjok blok, dan juga mengurangi geseken sehingga gesekan yang
tercipta menjadi lebih ringan dan panasnya dapat berkurang
konsekuansinya menjadi banyak perubahan. rantai keteng menjadi lebih
panjang , termasuk sproket penggerak kem. asalnya 28 menjadi 32 mata.
Bahkan kalau lebih terperinci lebih banyak lagi yang mengalami perubahan
namun nasib supra xx dan v tidak beruntung akhirnya setelah sekali
menawarkan striping baru, varian supra xx dan supra v resmi stop
produksi pada september 2003.
Honda Supra Fit
Sepeninggal supra v dan xx demi menghadirkan citra baru PT AHM
meluncurkan sepeda motor pada desember 2003 dengan nama baru honda Supra Fit yang sukses menemani honda Supra x
hingga 2006 sejak saat itu fit menanggalkan nama supra kemudian namanya
menjadi fit saja bukan hanya irit dalam konsumsi bahan bakar tapi juga
irit harga atau harganya yang murah.
Honda Supra Fit generasi 1 lahir pada tahun 2003. Body masih sama
dengan supra terdahulu, namun perbedaan terlihat pada tambahan headlamp
yang menggunakan 2 bohlam dan lampu senja.
Sedangkan untuk Supra Fit Generasi 2 lahir pada 2006. Dilihat
secara keseluruhan banyak perubahan dari suprafit sebelumnya di bagian
body. Sedangkan untuk sektor mesin masih sama sama mengusung jenis
c-100.
Honda Fit S yang lahir pada 2007 adalah versi downspec dari
Supra Fit generasi 2. Dilihat dari sistem rem yang masih menggunakan
tromol di kedua ban. Dan juga mika lampu sein yang berwarna
orange.Kemudian perjuangan Fit S diteruskan oleh adiknya yang bernama Fit X yang model dan specnya sama persis dengan Honda Supra Fit generasi 2. Fit X diproduksi sampai dengan akhir 2008.
Honda Supra 125
Generasi penerus dari klan Supra X ini kini
mengalami kenaikan cc menjadi 125 cc dan adapula yang mulai menggunkan
teknologi injeksi sehingga menjadikan bebek nomor satu di indonesia ini
menjadi motor injeksi pertama dari honda dan khususnya diindonesia yang
berani menyematkan teknologi injeksi terlebih dahulu pada motor bebek.
Generasi pertama honda supra 125 lahir pada tahun 2005 dan
merupakan generasi penerus dari Honda Karisma yang discontinue
produksinya. Sektor mesin mengusung mesin yang sama dengan Honda Karisma dan Kirana. Sedangkan body mengalami perombakan besar-besaran. Pada generasi pertama ini honda juga merilis Supra 125 versi double disc brake dan Supra 125 dengan mesin injeksi (PGM-FI).
Lalu pada tahun 2007 lahirlah Supra 125 Generasi
2. Perubahan terlihat pada bagian headlamp yang menggunakan 2 bohlam
utama, serta lampu senja yang posisinya jadi 1 mika dengan lampu sein
depan. Selain itu juga terlihat perubahan pada penggunaan knalpot yang
mirip dengan knalpot Honda Revo 100. Lalu pada tahun 2007 lahirlah Supra 125 Generasi
2. Perubahan terlihat pada bagian headlamp yang menggunakan 2 bohlam
utama, serta lampu senja yang posisinya jadi 1 mika dengan lampu sein
depan. Selain itu juga terlihat perubahan pada penggunaan knalpot yang
mirip dengan knalpot Honda Revo 100. Supra 125 generasi kedua ini terlihat lebih futuristik daripada generasi sebelumnya Supra 125 generasi kedua ini terlihat lebih futuristik daripada generasi sebelumnya.
Inilah generasi supra 125 terbaru, yaitu Supra 125 Helm in
yang lahir pada 2011 lalu. Sesuai dengan namanya, motor ini memiliki
kapasitas bagasi bawah jok yang luas sehingga mampu menampung sebuah
helm full face. Tanki bensin juga dapat menampung bensin sampai 5 liter.
Sedangkan sektor mesin masih mengusung yang sama dengan supra 125 terdahulunya. Tetapi ada varian yang sudah mengusung teknologi injeksi PGM-FI.
Seperti itulah sedikit rangkuman sejarah dari motor Honda Supra X, yang sangat melegenda hingga saati ini. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar