Mangekyou_Hadi

Kamis, 23 Januari 2014

Sejarah Motor Honda Supra X

sejarah Supra x 
Sepeda Motor Honda Supra X memang Mempunyai sejarah yang panjang . Motor Underbone buatan PT AHM ini melegenda sebagai salah satu sepeda motor yang paling laris di Indonesia dari Produk PT AHM  dan juga motor yang terkenal irit dari Eranya  mempunyai nilai historis sebagai sepeda motor underbone atau sepeda motor bertipe bebek yang masih banyak menarik minat mayarakat indonesia karena namanya yang melegenda seakan menjadi merek yang disegani dan begitu diminati, berikut sejarah ringkas motor honda Supra  berikut sejarah yang dirangkum secara ringkas…
Supra X 1997
Generasi awal dari bebek legendaris ini muncul pada tahun 1997, dimana pada saati itu nama yang digunakan adalah Honda Astrea Supra. Yang menggunakan mesin dengan kapasitas 97 cc dan digenapkan menjadi 100 cc.  Saat itu fiturnya masih sangat sederhana, rem depan dan belakang masih menggunakan tromol. Barulah pada tahun 1999, Supra mulai menggunakan rem hidrolik (cakram) pada rem depan dan diberi nama Honda Supra X.

Honda Supra dengan kopling manual

    Pada tahun 2002 Honda mencari inovasi baru. supra yang stagnan mendapat sentuhan baru. Maka lahirlah varian  pendamping Supra xx dan Supra V, Supra xx mengusung kopling manual dan double stater (electric stater dan kick stater). sedangkan supra v mengusung kopling manual dan hanya mengandalkan kick stater, mesin Supra xx dan Supra V sama saja dan konstruksinya sudah seperti astra legenda. Yaitu blok silinder tidak lagi menggunakan besi cor . sudah alumunium  dengan sirip kesamping. Jika diukur blok silindernya sudah lebih tinggi. asalnya 69 mm jadi 72,5 mm maksud dari blok silinder lebih tinggi untuk mengimbangi pemakaian stang pistin yang lebih panjang  sehingga setang piston tidak menonjok blok, dan juga mengurangi geseken sehingga gesekan yang tercipta menjadi lebih ringan dan panasnya dapat berkurang konsekuansinya menjadi banyak perubahan. rantai keteng menjadi lebih panjang , termasuk sproket penggerak kem. asalnya 28 menjadi 32 mata. Bahkan kalau lebih terperinci lebih banyak lagi yang mengalami perubahan namun nasib supra xx dan v tidak beruntung  akhirnya setelah sekali menawarkan striping baru, varian supra xx dan supra v resmi stop produksi pada september 2003.
Honda Supra Fit
Sepeninggal supra v dan xx demi menghadirkan citra baru  PT AHM meluncurkan sepeda motor pada desember  2003 dengan nama baru honda Supra Fit  yang sukses menemani honda Supra x  hingga 2006 sejak saat itu fit menanggalkan nama supra kemudian namanya menjadi fit saja bukan hanya irit dalam konsumsi bahan bakar tapi juga irit harga atau harganya yang murah.
Honda Supra Fit generasi 1 lahir pada tahun 2003. Body masih sama dengan supra terdahulu, namun perbedaan terlihat pada tambahan headlamp yang menggunakan 2 bohlam dan lampu senja.
Sedangkan untuk Supra Fit Generasi 2 lahir pada 2006. Dilihat secara keseluruhan banyak perubahan dari suprafit sebelumnya di bagian body. Sedangkan untuk sektor mesin masih sama sama mengusung jenis c-100.
Honda Fit S yang lahir pada 2007 adalah versi downspec dari Supra Fit generasi 2. Dilihat dari sistem rem yang masih menggunakan tromol di kedua ban. Dan juga mika lampu sein yang berwarna orange.Kemudian perjuangan Fit S diteruskan oleh adiknya yang bernama Fit X yang model dan specnya sama persis dengan Honda Supra Fit generasi 2. Fit X diproduksi sampai dengan akhir 2008.
Honda Supra 125
Generasi penerus dari klan Supra X  ini kini mengalami kenaikan cc menjadi 125 cc dan adapula yang mulai menggunkan teknologi injeksi sehingga menjadikan bebek nomor satu di indonesia ini menjadi motor injeksi pertama dari honda dan khususnya diindonesia yang berani menyematkan teknologi injeksi terlebih dahulu pada motor bebek.
Generasi pertama honda supra 125 lahir pada tahun 2005 dan merupakan generasi penerus dari Honda Karisma yang discontinue produksinya. Sektor mesin mengusung mesin yang sama dengan Honda Karisma dan Kirana. Sedangkan body mengalami perombakan besar-besaran. Pada generasi pertama ini honda juga merilis Supra 125 versi double disc brake dan Supra 125 dengan mesin injeksi (PGM-FI).
Lalu pada tahun 2007 lahirlah Supra 125 Generasi 2. Perubahan terlihat pada bagian headlamp yang menggunakan 2 bohlam utama, serta lampu senja yang posisinya jadi 1 mika dengan lampu sein depan. Selain itu juga terlihat perubahan pada penggunaan knalpot yang mirip dengan knalpot Honda Revo 100. Lalu pada tahun 2007 lahirlah Supra 125 Generasi 2. Perubahan terlihat pada bagian headlamp yang menggunakan 2 bohlam utama, serta lampu senja yang posisinya jadi 1 mika dengan lampu sein depan. Selain itu juga terlihat perubahan pada penggunaan knalpot yang mirip dengan knalpot Honda Revo 100. Supra 125 generasi kedua ini terlihat lebih futuristik daripada generasi sebelumnya Supra 125 generasi kedua ini terlihat lebih futuristik daripada generasi sebelumnya.
Inilah generasi supra 125 terbaru, yaitu Supra 125 Helm in yang lahir pada 2011 lalu. Sesuai dengan namanya, motor ini memiliki kapasitas bagasi bawah jok yang luas sehingga mampu menampung sebuah helm full face. Tanki bensin juga dapat menampung bensin sampai 5 liter. Sedangkan sektor mesin masih mengusung yang sama dengan supra 125 terdahulunya. Tetapi ada varian yang sudah mengusung teknologi injeksi PGM-FI.
Seperti itulah sedikit rangkuman sejarah dari motor Honda Supra X, yang sangat melegenda hingga saati ini. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar